Per 13 Mei 2020, 12 Desa Salurkan BLT DD di Inhu

Berita Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Plt Kepala Dinas PMD Inhu, Riswidiantoro, SE menyampaikan, dari 178 desa di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, per 13 Mei 2020 sudah sebanyak 12 desa yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 607.

Plt Kadis PMD Inhu menjelaskan, masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp600 ribu dan diberikan selama 3 bulan, terhitung sejak April hingga Juni 2020.

“Bantuan ini diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk warga miskin terdampak Covid-19 dan bukan warga yang sudah mendapatkan bantuan dari APBD atau APBN. Bantuan selain bersumber dari dana desa itu seperti PKH (program keluarga harapan), BPNT (bantuan pangan non tunai), BSP (bantuan sosial pangan) maupun bantuan pra kerja bagi karyawan/buruh,” terang Riswidiantoro.

Sesuai dengan ketentuan dalam Permendes dan PDTT Nomor 6 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020. Hal yang mendasari juga disebutkan pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 40 tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa sebagaimana diinstruksikan pemerintah Pusat.

Dalam pengalokasian BLT, desa dengan kemampuan dana desa di bawah Rp800 juta per tahun penggunaannya maksimal 25 persen dari pagu anggaran. Kemudian dana desa Rp800 juta sampai Rp1,2 miliar dialokasikan paling banyak sebesar 30 persen untuk BLT. Sedangkan dana desa di atas Rp1,2 miliar, BLT dialokasikan sebesar 35 persen.(midi)

Penyerahan BLT DD di Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *