Dinas PMD Inhu Dorong Desa Optimalkan Peran BUMDes

Berita Kegiatan Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna

INHU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) meminta 178 desa di daerah itu bisa mengoptimalkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PMD Inhu Selamat Suhargana S.Sos melalui Kabid Pembangunan Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna, Hj. Yenni Elita SE, MM mengatakan bahwa peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat masing-masing desa sangat besar menyusul adanya penyertaan modal dari Dana Desa, sehingga potensi yang ada di desa bisa digarap sehingga bisa bernilai ekonomi.

“BUMDes yang ada di Inhu saat ini mulai menggarap berbagai potensi yang ada di desa masing-masing seperti bidang pengelolaan tempat pariwisata, perikanan dan peternakan, penyewaan tenda serta jenis usaha lainnya,” kata Yenni.

Keberadaan BUMDes tersebut tambah dia, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemanfaatan berbagai potensi yang ada di desa dan menciptakan lapangan pekerjaan di desa.

Sejauh ini Dana Desa (DD) yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke daerah masih terfokus kepada kegiatan pembangunan infrastruktur desa dan sisanya adalah untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat serta penyertaan modal BUMDes.(midi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *