Alpian: Sideka menjawab Persoalan Utama Desa

Berita Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

INHU – Kasi Evaluasi Desa dan Kelurahan Dinas PMD Inhu, Muhammad Alpian SIP menjelaskan secara singkat singkat beberapa manfaat Sistem Informasi Desa (SID) yang dipakai di Kabupaten Inhu, yakni SiDekA.

Dijelaskannya, Program Sistem Informasi Desa dan Kawasan ( SiDeKA ) bisa menjawab atas persoalan utama desa, UU No 6 tahun 2014 memberikan ruang, sebagaimana pada Bagian Ketiga Tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan.

Pasal 86

(1) Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
(2) Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
(3) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
(4) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
(5) Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
(6) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.(ningsih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *