Kabid PE TTG Dinas PMD Inhu Apresiasi Bumdes Desa Talang Jerinjing

Berita Kegiatan Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna

INHU – Kabid PE TTG Dinas PMD Inhu, Hj yenni Elita SE, MM mengapresisasi Pemerintah Desa Talang Jerinjing yang telah berhasil mengelola Bumdes dalah mengelola limbah jangkos.

Dijelaskannya, dalam pengelolaan tersebut, Pemdes Talang Jerinjing melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Berkah Mandiri bekerjasama dengan Manajemen PT. Swakarsa Sawit Raya (SSR) untuk peningkatan pendapatan desa.

Yenni menyampaikan terima kasih kepada Investor mau kerjasama dalam mengelola potensi di desa untuk kemajuan desa.

Sementara itu, Kades Talang Jerinjing, Edi Priyanto ST mengungkapkan, lahan pembangunan pengelolaan limbah jangkos sudah disiapkan 3,3 hektare, dimana 1,3 hektare untuk pembangunan pengelolaan limbah jangkos dan 2 hektare untuk lahan kebun sawit dan tanaman lainnya sebagai percontohan.

Limbah jangkos sawit PT. SSR nantinya akan diolah menjadi pupuk dan digunakan untuk sawit dan tanaman lainnya bagi petani masyarakat Desa Talang Jerinjing dan juga dijual kepada KUD guna pemasukan desa.

Secepatnya lahan pembangunan pengelolaan limbah jangkos dan lahan tanaman percontohan dilakukan land clearing. Menejer PT. SSR Stenly mengatakan, managemen perusahaan siap kerjasama tentang pengelolaan limbah jangkos.

Apalagi saat ini bahan baku sudah menumpuk sekitar 5.000 ton, karena satu hari jangkos sawit PT. SSR bisa mencapai 200 ton.(ningsih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *