Kabid PE TTG Dinas PMD Inhu Diskusi Mengenai Bumdes di Lirik

Berita Kegiatan Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna

INHU – Telah berlangsung diskusi mengenai aset desa dan bumdes, bersama Kabid Bumdes Dinas PMD Kabupaten Indragiri Hulu, beserta TA, PD, dan PLD Kecamatan Lirik.

Diskusi ini berlangsung di Kantor Desa Lambang Sari I, II, III. Kegiatan diskusi ini dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat, BPD, Pengurus Bumdes Saduti Sejahtera. 4 Oktober 2019.

Dalam diskusi Kabid PE TTG Dinas PMD Inhu, Hj Yenni Elita SE, MM mengatakan bahwa apa saja yang termasuk aset desa, ditetapkan dalam UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa). Dijelaskannya, aset desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli desa, dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau perolehan hak lainnya yang sah. Selain UU Desa, aset desa secara terperinci diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No.1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa (Permendagri 1/2016).

Pengelolaan dana desa di Kabupaten Inhu harus transparan dengan perencanaan dan pengelolaan yang baik. Untuk itu, kepala desa hendaknya bisa memainkan potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang ada di desa nya. (ningsih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *