Bursa Inovasi Desa Cluster IV Inhu Dibuka

Berita Kegiatan Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna

INHU – Empat kecamatan yang tergabung dalam cluster lV di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) bertempat di gedung serbaguna Kantor Camat Kelayang, Senin (5/8/2019).

Keempat kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Kelayang, Rakitkulim, Peranap dan Batang Peranap. Acara dibuka Bupati Inhu diwakili Camat Kelayang Mas’ud, SE. Hadir Camat Rakitkulim, Irfangi, SS, Camat Peranap diwakili Sekcam dan Camat Batang Peranap, Kepala Desa dan Ketua BPD sejumlah desa di empat kecamatan tersebut, tokoh masyarakat (perempuan) , para TPID, PD dan PLD dari empat kecamatan tersebut dan tamu undangan lainnya.

Ketua PID Cluster IV Kabupaten Inhu, Armansyah dalam sambutannya mengatakan Bursa Inovasi Desa (BID) sebagai forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang guna menggali potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan. masyarakat.”Tujuan pelaksanaan BID sebagai ajang sosialisasi berbagai dokumen pembelajaran yang telah berhasil di tempat lain untuk dapat dipilih oleh perwakilan desa yang hadir, untuk dikembangkan sesuai dengan potensi dan kearifan lokal desa masing-masing,” jelas Armansyah.

Sebagai penanggung jawab BID Cluster IV, Hamzah Pansuri mengatakan, setiap desa dapat memilih dokumen pembelajaran tersebut dan dituangkan ke dalam Kartu Komitmen Desa (KID) yang nantinya akan dibahas pada saat Musrenbangdes untuk direfleksikan, sehingga pilihan desa tadi tercantum dalam RKPDes dan akhirnya dapat teranggarkan di dalam APBDes 2020.

Dikatakannya, setiap desa tentu umumnya memiliki program andalan, seperti pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat desa, sehingga perlu pendampingan agar terlaksana dengan baik dan sesuai aturan. (tina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *