Alpian: Profil Desa Harus Diisi Data Akurat

Berita Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

INHU – Kasi Evaluasi Desa dan Kelurahan Dinas PMD Inhu, Muhammad Alpian S.IP mengatakan, kegiatan pelatihan operator prodeskel sengaja dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada para operator desa tentang prodeskel. Sehingga, operator desa ini bisa menjalankannya dengan benar.

Nantinya, kata Alpian, profil desa ini bisa langsung akses dengan pemerintah pusat, itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan.

“Sistem informasi profil desa ini sebagai sumber data bagi pemerintah pusat, dalam menentukan dasar perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan untuk daerah,” ujar Alpian saat pembukaan pelatihan operator prodeskel, 10 Juli 2019 di Aula Wisma Ferdy Pematang Reba.

Mantan Sekcam Kuala Cenaku ini menegaskan, profil desa ini harus diisi dengan data yang akurat di desa. Mulai dari potensi dan perkembangan desa. Sehingga, kebijakan pemerintah pusat untuk daerah bisa sesuai dengan aspirasi dan kondisi sebenarnya.

“Makanya, data yang dimasukan harus benar-benar akurat. Pelatihan ini mengarahkan operator desa untuk mengisi data yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah pusat,” paparnya.(midi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *