Kepala Dinas PMD Inhu Minta Perangkat Desa Melek Teknologi

Berita Tak Berkategori

INHU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indragiri Hulu, Ir Hasman Dayat M.Si menghimbau kepada seluruh Perangkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu untuk melek teknologi. Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) ini dibutuhkan untuk mendukung program Sistem Informasi Desa (SID) yang saat akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu.

Menurut Hasman Dayat, peningkatan kapasitas dan kemampuan SDM bagi perangkat desa merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini sangat penting karena sebagai bentuk tantangan terhadap perkembangan zaman yang saat ini berbasis pada informasi dan teknologi.

Hasman Dayat menjelaskan, salah satu tuntutan yang harus dipenuhi adalah kemampuan dalam mengakses dan mengelola teknologi. Menurutnya, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan demi kemajuan desa yang lebih baik lagi.

“Idealnya semua harus bisa, tapi paling tidak ada salah seorang di desa yang benar-benar ahli dan menguasai IT,” sebut Hasman.

Mantan Kepala Disperindag Inhu ini menerangkan, peningkatan kapasitas ini bukan hal yang sulit, karena prosesnya sangat bergantung dari niatan dari perangkat di setiap desa. Hal ini terbukti, di mana sudah banyak desa yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan desa.

Hal itu dibuktikan dengan berhasilnya Desa Siambul menjadi juara II dalam lomba desa terbaik terkait pelayanan dan keterbukaan informasi publik dengan memanfaatkan teknologi dan menjadikannya mewakili Provinsi Riau dalam lomba di tingkat Nasional pada bulan November mendatang.

Pria yang dikenal ramah ini memaparkan, banyak manfaat yang diterima jika perangkat desa dapat melek terhadap teknologi. Disatu sisi, keahlian itu dapat menunjang program dari pemkab, di sisi yang lain desa dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki desa.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *