Kepala Dinas PMD Inhu Lakukan Monitoring dan Evaluasi Penatausahaan Keuangan di Kecamatan Batang Cenaku

Berita Kegiatan Bina Keuangan dan Aset Desa

BATANG CENAKU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Ir Hasman Dayat M.Si membuka secara langsung kegiatan monitoring dan evaluasi penatausahaan keuangan desa dan penggunaan dana desa di Kecamatan Batang Cenaku, Selasa (24/10/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Camat Batang Cenaku tersebut dihadiri oleh Sekcam Batang Cenaku, Slamet Purnomo S.Sos, Kasipem, Mas’ud, Tenaga Ahli Inhu, Ibu Ira, Kasi Penatausahaan Keuangan Desa, Dudi Sumbari SAB, Fasilitator Kecamatan Fitri Ningsih SE, Evri Kumala Dewi SH, Jantri Madona SE, Muhammad Yusuf S.Pi, Robi Auliansyah, Roni Febriandi, Yoga, Muhammad SE, Deswandi SP, dan Fasilitator Teknik, Razalik Ansor ST,  dan perwakilan pemerintah dari 20 desa yang ada di Kecamatan Batang Cenaku.

Kasi Pembangunan Kecamatan Batang Cenaku, Mas’ud dalam sambutannya mengatakan bahwa monev ini sangat penting sekali bagi desa, karena dengan monev dapat diketahui apa yang kurang di desa baik itu terkait administrasi keuangan ataupun yang lainnya, sehingga yang kurang dapat dilengkapi.

Mengingat saat ini penggunaan dana desa sudah banyak sekali yang mengawasi, diharapkan penggunaan dana desa di Kecamatan Batang Cenaku semua berjalan dengan baik dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Dalam kesempatannya, Sekcam Batang Cenaku, Slamet Purnomo S.Sos meminta kepada seluruh desa yang ada di Batang Cenaku untuk memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik mungkin.

Ia juga berharap semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini pihak Dinas PMD dapat memberikan bimbingan terhadap administrasi keuangan dan penggunaan dana desa.

“Pesan saya marilah kita gunakan dana desa sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku saat ini, sebab pengawasan semakin ketat,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Inhu, Ir Hasman Dayat M.Si menyampaikan bahwa kegiatan monev ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting sekali.

Sebab, dana desa kini menjadi sorotan, hal ini mengingat dana desa jumlahnya cukup besar mencapai kurang lebih Rp60 triliun yang digelontorkan pemerintah di tahun 2017 ini.

” Kami tidak ingin desa yang ada di Inhu mengalami masalah terkait dana desa. Mudah -mudahan tak ada masalah,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, pria yang dikenal ramah ini juga menyampaikan bahwa kedatangan Tim Monev Dinas PMD Inhu ini jangan dianggap sebagai upaya mencari kesalahan pihak desa, namun sebaliknya melainkan  malahan ingin membantu pihak desa.

“Jika nantinya dalam monev ini ditemukan ada kekurangan baik itu dalam administrasi keuangan ataupun LPJ dan lain sebagainya, maka akan diperbaiki. Maka dari itu pihak desa jangan ragu bertanya,” terangnya.

Jika administrasinya amburadul maka orang akan beranggapan fisik di lapangan amburadul. Namun jika administrasi bagus, maka otomatis fisik dilapangan juga bagus.

“Intinya kerjakan sesuai aturan yang berlaku, Insya Allah tidak apa apa dan tidak ada masalah,” pesan Hasman Dayat.

” Mumpung masih tahun anggaran 2017, apa yang menjadi kekurangan mari kita sempurnakan. Saya yakin barangkali ada fisik yang kurang ya disesuaikan saja sama RAB. Jangan sampai terjadi masalah di Batang Cenaku ini. Mari kita bekerjasama saling mengawal agar tidak ada pemasalahan hukum,” pungkasnya. (midi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *