Agar Profil Desa Dikelola Maksimal, Dinas PMD Inhu Kumpulkan Kades Dari 7 Kecamatan

Berita
Kepala Dinas PMD saat menyampaikan arahan

INHU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar acara rapat penguatan penyusunan pendayagunaan profil desa dan kelurahan se Kabupaten Inhu tahun 2017, Kamis (6/4/2017) bertempat di ruang Auditorium H. Tamsir Rahman Lantai 4 Kantor Bupati Inhu.

Dalam acara tersebut dipimpin secara langsung oleh Kepala Dinas PMD Inhu, H. Hasman Dayat. Turut hadir Sekretaris Dinas PMD, Hj Nurdjanah, Kabid Pemberdayaan Masyarakat, Supandi, sejumlah pejabat Dinas PMD Inhu dan seluruh Kades dari tujuh kecamatan yang ada di Inhu.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Inhu, H. Hasman Dayat mengucapkan terimakasih kepada para kepala desa yang hadir dalam acara tersebut.

Kemudian terkait perkembangan desa yang ada di Inhu, Hasman Dayat menyebutkan bahwa dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bahkan berdasarkan data desa per April 2017 tingkat klasifikasi desa/kelurahan untuk kategori swadaya berjumlah 53 desa/kelurahan, swakarya 104, dan swasembada 37. “Jumlah tersebut tentunya sangat meningkat dibanding tahun sebelumnya,” sebutnya.

Mantan Kepala Disperindagpas Inhu ini juga mengingatkan kepada seluruh desa dalam hal penginputan data profil desa harus akurat, sebab dengan data yang akurat Pemkab Inhu ingin mengetahui sejauh mana perkembangan masing-masing desa. “Kalau datanya yang dinput tidak akurat maka akan kacau, dan akhirnya tak tau kita perkembangannya,” ujarnya.

Untuk pengelolaan profil desa, lanjut Hasman, diharapkan kepada masing-masing desa agar dibentuk kelompok kerjanya (Pokjanya) dalam mengelola profil desa tersebut. Dalam pokja tersebut, untuk desa, penanggung jawabnya adalah kades dan pelaksananya adalah sekdes dan anggota lainnya, begitu juga untuk kecamatan, penanggung jawabnya camat, pelaksananya sekcam dan anggota lainnya, serta untuk kabupaten penanggung jawabnya langsung Dinas PMD Inhu.

“Jika semua itu diterapkan, maka Insya Allah profil desa yang ada di Inhu akan terkawal dan tertata dengan rapi, sehingga kedepannya desa-desa di Inhu bisa lebih maju dan mandiri, sesuai harapan kita bersama,” harapnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *