Desa Kampung Pulau Menjadi Percontohan Penggunaan Dana Desa di Inhu

Berita Kegiatan Bina Keuangan dan Aset Desa

INHU – Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Rengat, Hermawan Sukoasih S.Sos, ME bersama rombongan melakukan kunjungan ke Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, pada Kamis (5/10/2017).  Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi penggunaan Dana Desa (Dana Desa) yang bersumber dari APBN.

Pemanfaatan dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan sektor perekonomian desa yang disertai transparansi kepada masyarakat menjadi hal menarik yang ditemui dalam kunjungan Kepala KPPN Rengat tersebut.

Turut hadir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Inhu, Ir. Hasman Dayat M.Si yang diwakili Kabid Bina Keuangan dan Asset Desa Dinas PMD Inhu, Kadarusman M.Si, Kasi Penatausahaan Keuangan, Dudi Sumbari S.Ab, Kasi Pembangunan Rengat, Erfian S.Sos, Fasilitator Kecamatan Rengat, Fitri Ningsih SE, Fasilitator Teknik Rengat, Aresta Pratiwi ST, Pendamping Desa Rengat, Dewi Ranti SP, Pendamping Lokal Desa, Jumanto, Raja Salmadewi, Ahmad Solihin, dan seluruh perangkat Desa Kampung Pulau.

Kabid Bina Keuangan dan Asset Desa, Kadarusman M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Kepala KPPN Rengat dan rombongan di Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat.

Dijelaskannya, Desa Kampung Pulau ini merupakan salah satu desa di Kecamatan Rengat, Kabupaten Inhu dan menjadi salah satu desa yang sukses dalam menjalankan berbagai program, bahkan desa ini juga pernah meraih Juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten Inhu pada tahun 2015 yang lalu.

“Semoga dengan kunjungan ini, dapat memberikan manfaat bagi perkembangan desa,” harapnya.

Sementara itu, Kepala KPPN Rengat, Hermawan Sukoasih S.Sos, ME dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dinas PMD Inhu dan Desa Kampung Pulau yang telah memberikan kesempatan dan memfasilitasi kunjungan tersebut.

Disampaikannya, KPPN Rengat merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Keuangan di daerah, oleh karenanya saat ini penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD) cukup di KPPN.

“Untuk KPPN Rengat bertugas membina tiga kabupaten yakni Kabupaten Inhu, Kuansing, dan Inhil,” sebutnnya.

Terkait kunjungan ke Desa Kampung Pulau ini, bertujuan untuk monitoring dan evaluasi penggunaan dana desa yang nantinya hasil dari kunjungan ini akan dilaporkan secara langsung ke Presiden Jokowi, dan Menteri Keungan Sri Mulyani, dan kunjungan ini diberi nama Success Story.

“Jadi kehadiran kami ke desa bukan sesuatu yang harus ditakuti, namun malahan kami berupaya untuk sama-sama mensukseskan pembangunan di desa,” ungkap Hermawan.

Adapun hal harus disiapkan pihak desa, antara lain:

1. Profil desa

2. Struktur desa pada Pemerintah Daerah, bisa berupa sejarah pembentukan, dasar hukum pembentukan dan lain-lain.

3. Profil keuangan desa berupa besaran nilai dana, penggunaan dana, dan hasil dari penggunaan tersebut.

4. Statistik penduduk

5. Grafik Keuangan

6. Grafik pembangunan

7. Foto-foto bangunan yang dibangun dengan dana desa

8. Foto bangunan unik, bisa berupa sejarah desa ataupun lainnya.

9. Foto keindahan alam, kalau ada.

Kemudian, Kepala KPPN Rengat memutar sebuah rekaman pidato Presiden Jokowi tentang penggunaan dana desa dan proses pelaporan penggunaan dana tersebut. Dimana Presiden menginginkan agar prosedur pencairan dan pelaporan dana desa dibuat ringkas dan tidak berbelit-belit.

Pada kesempatan tersebut, Hermawan juga mengungkapkan penggunaan dana desa skala prioritasnya sudah diatur oleh pemerintah yang dikenal dengan 4 program prioritas. Namun untuk pemberdayaan masyarakat penggunaan dana desa harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup, penanggulangan kemiskinan.

“Jangan bangga dengan laporan, namun yang terpenting adalah isi dan hasil dari penggunaan dana desa tersebut,” tegasnya.

Selanjutnya, pihak KPPN Rengat dan seluruh hadirin menyaksikan pemaparan dari Pj Kepala Desa Kampung Pulau, Sumantri menggunakan media infokus terkait profil desa dan penggunaan dana desa.

Usai pemaparan, dilanjutkan kunjungan kelapangan melihat secara langsung fisik pembangunan yang didanai melalui dana desa APBN. ***

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *